Rabu, 30 Desember 2009

Cara cepat menganalisa kerusakan flyback

Saya  sering ditanya oleh temen teman saya yang sedang mendalami dunia electronic khususnya tv,bagaimana sih cara menentukan menganalisa flyback rusak? berhubung teman saya cukup jauh di Tegal sedang kan saya berada di Banten akhirnya melalui posting ini aku berusaha untuk menjawab semampu saya. jenis kerusakan flyback terbagi menjadi dua bagian yaitu karusakan fisik(tampak) dan kerusakan non fisik,
Kerusakan fisik
1.Tegangan tinggi bocor
2.Tegangan tinggi nembak
3.Tidak mau fokus atau fokus tidak stabil
Kerusakan non fisik
1.BIla diukur dengan multi tester kaki ground dan kaki colector nya bolak balik nyambung
2.tegangan B+ menjadi drop
3.Teganga B+ sekunder tidak normal
Khusus kerusakan  non fisik no 2 kita harus  tentukan dulu siapa biang keladinya B+jadi ngedrop? flyback atau regulatorkah? nah untuk mendeteksinya caranya cukup mudah.
Pertama putuskan jalur B+  yang menuju flyback kemudian paralelkan lampu pijar 100 watt pada elco 160volt/100/220micro farad( perlu diingat bahwa lampu oijar 100waat beban pengganti flyback) lalu hidupkan tv, lalu ukur teganganya, jika tegangan tetap stabil misalnya B+nya 115volt, bisa dipastikan penyebab dropnya B+ adalah flyback,tapi sebaliknya jika B+ ngedrop maka regulatornyalah kerusakan ini biasa disebut kerusakan tegangan palsu.pada poltron model majig sering melar nilainya 0,22 ohm area 517 melar menjadi 0,33 ohm Rini disusun seri dengan emitor tr regulator  .Kembali judul, cara cepat menentukan kerusakan flyback
Langkah pertama cabut basis tr driver horisontal lalu lepaskan kabel HV,amankan ujung kabelnya jauhkan dari benda2  obeng ,tang dan benda2 logam lainnya( ingat!!! trik ini cukup berbahaya tidak dianjurkan untuk pemula ) kemudian taruhlah sedikit abu rokok diujung kabel flyback,hidupkan tv kemudian ambil probe tester,hubung kan berkali2 antara basis tr horisontal tadi yang sudah di cabut dari jalurnya maka jika memang flyback itu masih bisa bekerja maka ia akan mengeluarkan tegangan tinggi dan menyemburkan abu rokok mengapa bisa demikian, karena menghubungkan antara kaki basis dan jalurnya berkali2 adalah ibarat sinyal frekwensi horisontal..Dengan trik ini kita akan bisa menyimpulkan ternyata flyback masih bisa hidup jika diberi sinyal frekwensi horisontal ,selanjutnya kita tinggal mencari penyabab kenapa kenapa sinyal frekwensi horisontal tidak keluar demikian trik sederhan ini semoga bermanfaat          
 

29 komentar:

  1. salam sukses! askum salam knal dari saya kalo boleh tau tinggal dimana saya di tangerang .kp sangyang tepat nya.ini email saya didialkat@gmail.com

    BalasHapus
  2. Mas Didi saya tinggal di jayanti 10km arah barat Balarajn

    BalasHapus
  3. senang berkenalan dgn anda salut atas hoby dan propesi nya..kalo ada waktu main ke sangyang..

    BalasHapus
  4. mbak awanda ni berani ya.. jadi bengkel elektronik..siiip maju terus mbak

    BalasHapus
  5. sipp bengkelnya cewek... kalau pas dapet servisan yang 29 INC undang saya aja untuk angkat junjungnya..semoga sukses
    Follow balik mbak..

    BalasHapus
  6. Trima kasih paksis tapi bagaiman mungkin bpk dimana Wanda dimana Saya kan orang Banten pak untuk urusan angkat berat tinggal minta bantuan sama pemain debus(kesenian khas Banten)

    BalasHapus
  7. Ide yang bagus..tapi ingat sekali angkat oleh pemain debus...wusss bisa melayang sampai ke langit.. salut buat anda,..

    BalasHapus
  8. ASALLAMUALAIKUM. saya orang baru mau ikut gabung boleh ngak mbak. sy sangat tertarik dengan uraian mbak diatas. karna sy ingin memperdalam tentang kerusakan Tv. semoga saya bisa kanalan dengan mbak AWANDA , kalo ngak keberatan. add saya di YM dian_elec@yahoo.com makasih sebelumnya... SAWALI pekalongan jateng,

    BalasHapus
  9. Mas sawali saya orang baru ketimbang sampeyan,
    blog saya semata2 untuk berbagi solusi dengan teman2 teknisi dan berbagi ilmu walaupun tidak seberapa mudah2an bermanfaat ohya mas sawli ganteng deh lebih cocok jadi artis ketimbang jadi montir he..he..

    BalasHapus
  10. Hidup Kartini ,he...he..he.. salut juga sama teknisi wanita ini ,ok maju trus

    BalasHapus
  11. salam kenal mba awanda suskses .n maju terus okeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.

    BalasHapus
  12. okenya panjang banget kaya bus sinar jaya

    BalasHapus
  13. wah salam kenal mas ali moga nambah rezkinya

    BalasHapus
  14. ah ente salah orang itu bukan saya

    BalasHapus
  15. mbak awanda artikel nya di tambh dng..

    BalasHapus
  16. maklum lqagi sibuk banyak orderannya barangkali,jadi blognya kkaga pernah di update he...he...he..

    BalasHapus
  17. Salam Kenal Mbak Awanda, kunjungan persahabatan .....

    BalasHapus
  18. Saya orang baru baru gabung aja mbak Noviani

    BalasHapus
  19. wah..mbak wanda kemana ya...pulang kampung kali ya

    BalasHapus
  20. Perkenalkan saya orang baru, mau ikut gabung, walaupun artikel ini sudah cukup lama tapi tak ada salahnya saya komentari.
    Salut buat Mbak Awanda, udah cakep berjilbab pinter lagi, baru kali ini ada teknisi cewek...hebat dech pokoknya

    BalasHapus
  21. salam mbak....saya mo tanya klo tv sanyo di on kan langsung ngedip2 lampu nya pas di ukur tegangan sekunder smps semua jadi ngedrop sesuai dengan kedipan lampu, klo di lepas TR horizontal bisa on teg normal....apa FBT yg rusak...? Trm kasih sukses slalu teh

    BalasHapus
  22. Untuk anda yang hobi elektronika atau tukang service, anda bisa memesan komponen nya di sini http://www.tokopedia.com/komponenelektro barang kali ada komponen elektronika yang anda cari ada disini, di jamin aman dan gak ada tipu2 an ...

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Mba kalau regulator nya msih drop juga biasa apa yg jdi penyebab drop nya B+ ?

    BalasHapus
  25. Salam kenal mba jngn lupa kunbal...

    BalasHapus
  26. Salam kenal aku tertarik atas postingngan ini

    BalasHapus